Selasa, 24 Januari 2012

MEMORY UTAMA

MEMORY UTAMA
Memory adalah bagian dari computer tempat program-program dan data-dat a disimpan. Beberapa pakar computer terutama yang berasal dari inggris menggunakan istilah store atau storage untuk memori , Meskipun kata storage sering di gunakan untuk menunjuk kepenyimpanan disket. Tanpa sebuah memori sebagai tempat untuk mendapatkan informasi guna dibaca dan ditulis oleh prosesor, maka tidak aka nada computer digital dengan system penyimpanan program.

BITS
Satuan pokok memory adlah digit biner , yang disebut bit. Sebuah bit dapat berisi sebuah angka 0 atau 1. Ini adalah satuan paling sederhana ,sebuah peralatan untuk menyimpan hanya angka nol, mustahil dapat membentuk landasan dari suatu system memori; paling tidak diperlukan dua nilai.
Beberapa computer, seperti mainframe IBM yang berukuran besar, diiklankan sebagai produk yang memiliki aritmetik decimal serta aritmetik biner. Trik ini dilakukan dengan menggunakan 4 bit untuk menyimpan satu digit decimal dengan menggunakan sebuah kode yang disebut BCD ( Binary Coded Decimal). Empat bit menyediakan 16 kombinasi, yang digunakan untuk 10 digit mulai dari 0 sampai 9, dengan enam kombinasi yang tidak digunakan.

ALAMAT – ALAMAT MEMORI
Memori – memori terdiri dari sejumlah cell – cell masing- masing dapat menyimpan sepotong informasi. Setiap cell memilik sebuah angka, yang disebut alamat, yang dapat dipakai program – program sebagai acuan. Jika sebuah memori memiliki n cell, cell – cell tersebut akan memiliki alamat – alamat 0 sampai n-1. Semua cell dalam sebuah memori berisi jumlah bit yang sama. Jika sebuah cell terdiri dari n bit, cell tersebut dapat menyimpan salah satu dari 2ⁿ kombinasi bit yang berbeda.

PENGATURAN BYTE
Byte – byte dalam sebuah word dapat diberi nomor dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. BIG ENDIAN adalah system penomoran memory komputer yang dimulai dari ujung terbesar(urutan tertinggi) ke ujung terkecil. LITTLE ENDIAN adalah kebalikan dari BIG ENDIAN yaitu system penomoran memori komputer yang dimulai dari yang terkecil ke terbesar.
Penting untuk memahami bahwa baik dalam system big endian ataupun little endian, sebuah integer 32 bit dengan nilai numeric, misalnya, 6 diwakili oleh bit-bit 110 dalam 3 bit paling kanan sebuah word dan nol dalam 29 bit paling kiri. Dalam skema big endian, bit0bit 110 berada dalam byte 3 (atau 7, atau 11, dan sebagainya),sedangkan dalam skema little endian bit-bit tersebut berada dalam byte 0 (atau 4, atau 8, dsb). Dalam kedua kasus tersebut, word yang berisi integer ini memiliki alamat 0.

KODE – KODE UNTUK MEMPERBAIKI KESALAHAN
Memori computer kadang – kadang dapat membuat kesalahan karena tekanan-tekanan voltase pada arus listrik atau sebab-sebab lainya. Untuk menghindari kesalahan semacam itu, beberapa memori menggunakan kode-kode pendeteksi kesalahan. Ketika kode-kode ini digunakan, bit-bit ekstra ditambahkan pada setiap word memory dengan suatu cara khusus. Ketika sebuah word muncul dari memori, bit-bit tambahan tersebut diperiksa untuk melihat apakah telah terjadi kesalahan.
Untuk memahami bagaimana cara kesalahan dapat ditangani, penting untuk memperhatikan secara cermat kesalahan apa yang sebenarnya terjadi. Misalkan bahwa sebuah word memori terdiri dari m bit data dan kita akan menambahkan r redundant, atau bit cek pada m bit data ini. Biarkan panjang total tetap n(yakni, n=m+r). sebuah satuan n bit yang berisi m data dan r bit cek sering disebut sebagai kode word n bit.
Dengan memilik dua kode word, misalkan, 10001001 dan 10110001, maka tidaklah sulit untuk menentukan berapa banyak bit-bit yang sesuai memiliki perbedaan. Nomor dari posisi-posisi bit dimana dua kode word berbeda disebut jarak hamming. Signifikasinya adalah bahwa jika 2 kode word adalah sebuah jarak hamming dengan jarak d, jarak hamming tersebut membutuhkan d kesalahan bit tunggal untuk mengubah 1 kode word ke kode word lainnya.
Sebagai contoh sederhana dari sebuah kode pendeteksi kesalahan, perhatikan sebuah kode dimana sebuah bit paritas tunggal ditambahkan pada data. Bit paritas dipilih sebagai sehingga jumlah bit bit satu pada kode word adalah genap(atau ganjil). Setiap bit paritas memeriksa bit-bit khusus bit paritas tersebut d tentukan sehingga jumlah total bit 1 dalam sebuah posisi yang telah diamati adalah genap.

Posisi-posisi yang diperiksa oleh bit-bit paritas adalah:
            Bit 1 memeriksa bit-bit 1,3,5,7,9,11,13,15,17,19,21.
            Bit 2 memeriksa bit-bit 2,3,6,7,10,11,14,15,18,19.
            Bit 3 memeriksa bit-bit 4,5,6,7,12,13,14,15,20,21.
            Bit 8 memeriksa bit-bit 8,9,10,11,12,13,14,15.
            Bit 16 memeriksa bit-bit 16,17,18,19,20,21.
Secara umum, bit b diperiksa oleh bit-bit b 1,b 2,…,b j sedemikian rupa sehingga b 1+b 2+…+b j = b. contoh, bit 5 diperiksa oleh bit 1 dan bit 4 karena 1+4 =5.

MEMORI CASHE
Secara historis, CPU selalu lebih cepat dari pada memori. Ketika memori semakin berkembang maju, CPU pun semakin bertambah maju, perbedaan kecepatan tersebut tetap ada.
Dewasa ini, sudah ada teknik untuk menggabungkan sejumlah kecil memori cepat dengan sejumlah besar memori lamban untuk memperoleh kecepatan memory cepat dan kapasitas memori besar dengan harga yang tidak terlalu mahal yang disebut CASHE MEMORY. Cashe secara logika berada di antara CPU dan memori utama. Terdapat cashe terpadu yaitu cashe yang sama digunakan untuk instruksi dan data. Dan ada pula cashe terpisah yaitu penggunaan satu cashe untuk instruksi dan cashe lain untuk data.

KEMASAN DAN JENIS-JENIS MEMORY
Saat ini, suatu pengaturan berbeda sering digunakan . sekelompok chip, terutama 8 atau 16, sering dipasang pada sebuah papan rangkaian cetakan kecil dan dijual sebagai suatu satuan. Satuan ini dsebut SIMM(Single Inline Memory Module) atau DIMM(Dual Inline Memory Module), tergantung pada apakah satuan tersebut memiliki serangkaian penghubung di salah satu sisi atau kedua sisi papan sirkuit.
SIMM-SIMM pertama memiliki 30 penghubung dan mengirim 8 bit data sekaligus. Penghubung-penghubung lainnya digunakan untuk pengalamatan dan control. SIMM-SIMM terbaru memiliki 72 penghubung dibuat berpasangan, masing-masing mengirimkan separuh dari bit-bit yang dibutuhkan . dewasa ini DIMM-DIMM adalah cara standar bagi pengemasan memori. Setiap DIMM memiliki 84 penghubung yang diberi lapisan emas pada setiap sisi nya, untuk total keseluruhan sebanyak 168 penghubung. Sebuah DIMM mampu mengirim 64 bit data sekaligus. Kapasita-kapasitas DIMM khusus adalah 64MB dan lebih. Sebuah DIMM yang berukuran lebih kecil disebut SO-DIMM, digunakan dalam computer notebook. SIMM-SIMM dan DIMM-DIMM dapat memiliki bit paritas atau koreksi kesalahan yang ditambahkan,namun karena tingkat kesalahan rata-rata sebual modul adalah ditemukan nya satu kesalahan pada setiap kurun waktu 10 tahun sekali; maka untuksebgaian besar computer, detreksi kesalahn dihilangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar